Senam DKI Sapu Bersih 4 Medali Emas

By | August 27, 2016

BANDUNG, Kompas.com –  Tim senam DKI Jakarta berjaya merebut empat medali emas di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang berlangsung di Sport Jabar Arcamanik, Senin (26/9).

Dengan tambahan dua medali emas di nomor beregu sebelumnya, berarti senam DKI menyapu bersih seluruh nomor senam ritmik di PON dengan 6 medali emas.

Pada lomba nomor semua alat Senin kemarin, empat pesenam putri DKI tampil sangat memukau. Dinda Defriana, Nabila Evandestera, Sortaoli Dara, dan Carla Febri tidak tertandingi oleh lawan-lawannya dari Jawa Barat dan Jawa Timur.

Ketua Umum Persani DKI Jakarta Firmansyah Wahid mengaku cukup puas dengan hasil ini. Menurut dia, sukses ini tidak terlepas dari kekompakan semua tim, termasuk dorongan dari orangtua.

“Senam itu memang agak berbeda dengan cabang olahraga lain. Peran orangtua atlet di sini sangat penting. Mereka itu selalu didampingi oleh orang tuanya ke manapun mereka bertanding. Termasuk ke PON ini,” kata Firmansyah yang juga menjabat Kadisorda DKI Jakarta ini di Bandung, Senin (26/9/2016)  usai lomba.

Dengan tambahan 6 emas di senam ritmik, berarti senam sudah menyumbangkan 9 medali emas. Karena sebelumnya dari senam artistik sudah dikemas  3 medali emas.

Sementara itu dari senam aerobic masih ada kemungkinan untuk meraih medali emas, lantaran pada PON XVIII Riau 2012 senam aerobic juga menyapu bersih empat medali emas. Di PON Riau, senam menjadi pengumpul medali terbanyak dengan 13 medali emas, 5 perak dan satu perunggu.

“Bila hasil senam aerobic sama seperti empat tahun lalu, maka perolehan medali emas Persani menjadi 13. Berarti akan menyamai perolehan medali emas di PON XVIII Riau,” kata Firmansyah.

Firmansyah tidak menampik sukses senam di dua PON di bawah kepemimpinannya adalah berkat pembinaan yang terprogram dengan baik. Kekompakan semua pihak yang terlibat di cabang olahraga senam menurut dia tidak bisa diabaikan. Baik itu pelatih, pengurus, maupun orangtua atlet.
 
“Kita memilih orang-orang yang tepat untuk menangani senam. Oleh karena itu, semua unsur yang terlibat di dalamnya harus saling mendukung. Artinya, ini organisasi yang solid dengan prestasi yang dapat dibanggakan,” lanjutnya

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/27/00141611/senam.dki.sapu.bersih.4.medali.emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *